Setup High Availability VMware vCenter Appliance 6.7 : Part I

Salah satu aplikasi virtualisasi bare metal yang paling diminati oleh instansi-instansi besar adalah VMware vSphere. Banyak sekali kemampuan VMware vSphere yang menjadi pertimbangan untuk memilih aplikasi ini, terutama kemampuan-kemampuan yang menjaga keberlansungan bisnis suatu perusahaan.

Salah satu kemampuan yang selalu digunakan adalah High Availability, yaitu kemampuan VMware untuk memindahkan VM secara otomatis ke host lain, saat host asli VM tersebut mati secara tiba-tiba (Baca : Keberlangsungan Bisnis dan Mengurangi Downtime dengan vSphere HA).

Nah, untuk mengaktifkan kemampuan HA diperlukan vCenter Server sebagai manajemen terpusat dari server-server yang ada. Selain itu, tentu saja vCenter dan server-server yang ada harus dilengkapi dengan lisensi terpisah 😀 .

Berarti selama ada vCenter infrastruktur yang di kelola relatif aman dong? Tidak juga. vCenter Appliance yang berbentuk VM juga bisa mati secara tiba-tiba. Lalu, jika vCenter mati apa yang terjadi? HA tidak bisa berfungsi, maka saat salah satu server down, VM di dalamnya juga akan down.

Jika seperti itu berarti vCenter tidak boleh down, karena jika server down dan HA tidak berfungsi bisa menggangu operasional perusahaan. Lalu apa solusinya? Solusinya sama dengan server failure, yaitu HA. Bukan HA untuk server melainkan vCenter HA. Dengan vCenter HA, saat vCenter Appliance utama down, maka vCenter Appliance cadangan akan langsung menggantikan posisi vCenter Appliance utama. Jadi aman kan? server punya HA sendiri, vCenter Appliance juga punya HA sendiri.

Untuk melakukan konfigurasi vCenter HA tidak hanya seperti clone VM vCenter Appliance tetapi ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh teman-teman.

Berikut adalah hal-hal yang teman-teman perlu siapkan sebelum setup vCenter Appliance HA :

  1. Minimal 3 Server VMware vSphere Existing versi 6.5 – 6.7
    • Free Kapasitas HDD Masing-masing Server : 100-200 GB
  2. Deploy vCenter Server Appliance dengan spesifikasi sebagai berikut :
    • Versi vCenter Appliance : 6.7
    • Tipe vCenter : Embedded Platform Services Controller
    • Deployment Size : Small Environment (4 vCPU & 16GB RAM)
    • Lisensi : Standard
  3. Cluster : 3 Server Existing (Simulasi Part II)
  4. Isolated Network VLAN 10 Untuk Traffic vCenter HA (Simulasi Part II), dengan skema network sebagai berikut :

Jika teman-teman belum paham dengan persiapan nomor 2 hingga skema network pada persiapan nomor 4, teman-teman bisa mengikuti Training Virtualisasi Fundamental & Medium pada PT. Excellent Infotama Kreasindo dengan cara menghubungi email training@excellent.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *