Mudahnya Mirroring Screen Komputer ke Mi TV dengan Chromecast

Beberapa waktu lalu, saya sempat menceritakan pengalaman saya membeli TV baru, bukan merupakan TV yang mahal harga puluhan juta, tetapi TV harga 2 juta-an, yaitu Mi TV. Walaupun dengan harga yang murah, menurut saya TV ini kualitasnya sangat bagus karena memberikan banyak sekali fasilitas (Baca : TV Baru).

Salah satu fasilitas yang baru saya temukan pekan lalu adalah mirroring screen chromecast yang dapat digunakan untuk menampilkan tampilan layar komputer maupun mobile phone. Sehingga mirroring screen dari laptop bisa dilakukan hanya dengan terhubung ke wifi/jaringan lokal yang sama, tanpa harus menggunakan kabel HDMI ataupun VGA. Bagi teman-teman yang sudah tahu chromecast mungkin sudah paham bahwa kebutuhan mirroring screen dengan metode ini membutuhkan device terpisah, contohnya gambar device dibawah ini.

Jika seperti itu perlu beli device chromecast dong? Tidak juga. Untungnya Mi TV sudah dilengkapi dengan chromecast yang sudah tertanam di dalamnya, jadi teman-teman tidak perlu lagi membeli device chromecast. Sangat menguntungkan kan? Dengan biaya 2 juta sudah bisa dapat berbagai macam fasilitas dan juga built-in chromecast device 😀 .

Untuk penggunaannya sendiri sangat mudah, teman-teman hanya perlu mempersiapkan hal berikut :

Setelah itu, lakukan hal berikut.

  • Nyalakan Mi TV 😀
  • Nyalakan komputer dan buka Google Chrome
  • Klik simbol dengan 3 titik vertikal pada Google Chrome
  • Pilih Cast….
  • Pilih apa yang akan teman-teman mirroring pada bagian Sources setelah itu klik device Mi TV yang available. Teman-teman bisa mirroring tampilan desktop, tampilan salah satu tab browser chrome, ataupun tampilan file yang ada di komputer misalnya file presentasi. Disini saya akan pilih mirroing salah satu tab browser chrome saya
  • Berikut adalah tampilan tab browser chrome pada komputer saya
  • Berikut adalah tampilan di layar Mi TV saya

Bagaimana? Sangat mudah kan? 😀 . Walaupun pada saat mirroring screen dengan chromecast saya sempat mengalami kendala, yaitu tampilan komputer (source) dan tampilan Mi TV (mirror) agak delay. Entah delay ini disebabkan dari device chromecast yang mungkin kualitasnya memang seperti itu atau koneksi jaringan lokal saya yang lemot 😀 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *