Kerja dari Rumah

Sudah hampir 1 pekan saya dan seluruh team Excellent menggunakan mekanisme kerja dari rumah atau “Work From Home” (Baca : Kegiatan Operasional Excellent dengan Sistem “Work From Home”). Mekanisme ini tentu saja diterapkan oleh Excellent untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Mekanisme kerja dirumah bagi perusahaan IT seperti Excellent mungkin tidak terlalu sulit dijalankan, karena memang pekerjaan sehari-hari yang saya dan team Excellent lakukan bisa dilakukan dimana saja, yang penting ada laptop dan internet, selama 2 kebutuhan tersebut terpenuhi maka sebagian besar kegiatan operasional Excellent bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Yaa walaupun tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh, misalnya saja pengiriman berkas administrasi, penjualan buku Excellent, training IT adminitrator dan lain-lain, tapi tentu saja Excellent bisa menyiasati hal tersebut dan tetap memberikan layanan yang terbaik.

Saya sendiri memang orang yang tidak suka keluar rumah, “lebih baik dirumah jika tidak ada keperluan” sehingga ini tidak menjadi hal yang sulit bagi saya. Walaupun kenyataannya, di hari pertama kerja dari rumah saya mengalami kesulitan untuk mendapatkan fokus yang biasanya sangat mudah saya dapatkan di markas Excellent. Banyak sekali distraction yang mencegah saya untuk fokus. Tapi alhamdulillah banyaknya distraction yang saya alami bisa saya atasi di hari kedua.

Selain itu, bekerja dari rumah tentu saja lebih bebas. Bebas dalam artian, saya bisa bekerja dengan hanya memakai kaos dan celana pendek, walaupun saya harus melengkapinya dengan jaket saat akan meeting online dengan team Excellent, supaya kelihatan rapih 😀 .

Hal bebas lain yang menurut saya hal inilah yang mengembalikan fokus saya adalah bisa memutar musik menggunakan speaker dengan volume yang besar. Ya hal ini tentu saja tidak bisa saya lakukan saat di markas Excellent, karena pasti akan mengganggu dan belum tentu semua orang suka dengan lagu yang saya dengar 😀 .

Yaa sepertinya mekanisme bekerja dari rumah ini bisa saya jalan dengan baik, walaupun saya belum tahu sampai kapan mekanisme ini harus diberlakukan mengingat pandemi COVID-19 yang belum mereda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *