Meeting Sambil Mencari Ilmu

Senin. Tepatnya 23 Juli 2018. Dapat kesempatan meeting dengan klien. Mendampingi senior. Pengalaman yang menarik buat saya. Banyak ilmu yang bisa di ambil. Sebagai fresh graduated 2017/2018 masih banyak yang harus dipelajari. Terutama cara menghadapi klien. Presentasi di depan umum.

Seperti biasa. Hari senin. Mengawali pekan dengan semangat. Walaupun masih dibayang-bayangi hari sabtu dan minggu :D.

Hari itu seharusnya saya stand-by di markas. Mengerjakan pekerjaan seperti biasa.

Ada jadwal meeting dengan salah satu klien Excellent di Jakarta. Yang berangkat dua orang senior. Membicarakan project yang akan dikerjakan.

Sebelum berangkat ada briefing dari Boss. Ada perubahan rencana. Formasi untuk meeting diubah. Saya diminta menggantikan posisi salah satu senior untuk meeting dengan klien Excellent.

Alasannya, untuk urusan meeting sepertinya bisa di tangani oleh 1 senior saja. Saya disuruh mendampingi saja. Sekalian belajar. Tambah pengalaman ketemu sama klien.

Saya langsung terima tawaran itu. Menarik untuk saya. Bertemu dengan orang banyak. Dengan sifat yang berbeda-beda. Terkadang ada pelajaran yang bisa diambil setiap bertemu dengan orang baru.

Janji sama klien pukul 10.00. Berangkat dari bekasi pukul 09 lewat beberapa menit. Sepertinya tidak akan sampai tepat waktu :D. Mengingat hari itu untuk masuk ke stasiun kereta harus mengantri membeli tiket kertas. KMT-nya lagi tidak bisa digunakan.

Dugaan ternyata benar. Sampai di tempat klien sekitar pukul 10 lewat 30 menit. Untung ga di komplain sama klien :D.

Meeting dimulai. Membahas project yang akan dikerjakan Excellent. Ada presentasinya. Yang presentasi senior. Saya yang mengganti slide presentasinya saja :D. Maklum saya belum bisa presentasi. Belum bisa membuat orang memahami apa yang saya presentasikan. Harus banyak belajar. Sambil meeting sambil mencari ilmu. Lihat cara senior presentasi. Jelas. Tidak bertele-tele. Langsung dijelaskan poinnya.

Saya tidak terlalu banyak bicara. Bingung. Takut salah bicara juga. Hanya mendengarkan dan mencatat apa yang dibicarakan. Sambil memperhatikan senior berbicara. Sambil belajar.

Meeting selesai pukul 12.00. Tepat saat adzan Dzuhur berkumandang. Istirahat dulu. Solat. Makan.

Setelah istirahat dilanjutkan dengan melakukan pengecekan terhadap alat yang akan menjadi bagian dari project. Yaitu server. Ruangnnya dingin sekali. Memang tempat menyimpan server dan lain-lainnya. Agak norak. Pertama kali  masuk ke ruangan yang isinya server semua :D.

Proses pengecekan berlangsung cukup lama. Dari pukul 13.30 sampai 16.00.

Setelah pengecekan selesai. Jajan dulu di depan kantor klien. Cilok. Jajanan anak sd. Bikin ketagihan :D.

Setelah itu langsung otw ke stasiun. Ga perlu ngantri lagi. KMT sudah bisa dipakai lagi. Lumayan cepat. Tidak sampai 1 hari urusan KMT beres.

Dari stasiun tanjung barat. Alhamdullilah bisa duduk sambil memejamkan mata sebentar :D.

Transit di stasiun manggarai. Menunggu kereta ke bekasi.

Waktu sudah menunjukkan waktu pulang kerja. Pasti ramai. Berdesak-desakan. Pengap.

Setelah kereta ke bekasi datang. Pintu masuk kereta langsung di serbu. Rusuh. Tidak tertib. Terkadang malah penumpang prioritas bukan menjadi yang terdepan tapi menjadi yang terbelakang. Sudah biasa. Namanya juga orang Indonesia. Mayoritas tidak peduli dengan orang lain. Tapi tidak semua.

Ya mau bagaimana lagi. Sudah resiko. Naik mobil macet. Naik motor panas. Naik kereta berdesak-desakan. Keadaan yang harus diterima oleh penduduk jabodetabek.

Sampai di stasiun bekasi pukul 17.30. Langit sudah hampir gelap.

Sampai di markas pukul 18 lewat beberapa menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *