vSphere Standard & Distributed Switch

Sejak pekan kemarin saya diberi tugas oleh pak boss Vavai untuk melengkapi buku vSphere 2019. Sebelumnya saat awal-awal saya masuk, saya pernah diberi tugas yang sama yaitu melakukan revisi buku dengan judul yang sama. Akhir tahun 2018 pak boss bilang ke saya, bahwa buku vSphere yang sekarang menjadi panduan training di Excellent sepertinya masih kurang lengkap dan kurang detail materinya, banyak materi yang sebenarnya dibutuhkan dan belum ada di buku tersebut.

Akhirnya pak boss membuat project Buku vSphere 2019, yang mencakup saya sebagai pembantu dalam project tersebut. Pekan kemarin saya mulai melengkapi beberapa bagian yang belum sempat ditambahkan oleh pak boss. Saya sendiri cukup senang dan nyaman dalam melakukan project Buku vSphere 2019 ini, karena banyak ilmu yang sebelumnya saya belum paham tapi berkat pembelajaran yang saya lakukan untuk membantu project buku vSphere 2019, banyak ilmu baru yang say dapat.

Salah satu materi VMware yang saya terkadang bingung adalah vSphere Networking. Kebetulan saya diminta untuk melengkapi bagian vSphere Networking, dan ada 1 bagian yang saya tidak mengerti sama sekali. Yaitu vSphere Distributed Switch. Apa tuh vSphere Distributed Switch? Apa bedanya dengan vSphere Standard Switch. Saya sudah membaca beberapa literasi VMware tapi tetap saja tidak mengerti. Sampai akhirnya pak boss memberikan saya referensi video penjelasan vSphere Distributed Switch…..Dan hari ini saya sudah mengerti apa itu vSphere Distributed Switch dan apa benefitnya untuk administrator 🙂 Sekarang saya akan sampaikan pengertian saya mengenai vSphere Standard Switch dan dilanjutkan dengan vSphere Distributed Switch, supaya tahu perbedaan 2 vSwitch tersebut.

vSphere Standard Switch

vSphere Standard Switch adalah network devices virtual yang digunakan untuk menghubungkan host dengan VM. Masing-masing host vSphere memiliki vSphere standard switch ini yang otomatis dibuat setelah instalasi host vSphere (ESXi) selesai. Setiap vSphere standard switch hanya bisa dikonfigurasi di sisi vSphere host saja, tidak bisa dikonfigurasi secara terpusat menggunakan vCenter. Keterbatasan vSphere standard switch ini bisa memakan banyak waktu admin hanya untuk melakukan konfigurasi vSwitch di masing-masing host.

Untungnya vCenter memiliki kemampuan yang bisa melakukan centralisasi vSwitch ini. Kemampuan tersebut dinamakan vSphere Distributed Switch, yang hanya bisa digunakan oleh vCenter. Satu catatan penting jika admin mengaktifkan high availability dan masih menggunakan vSphere standard switch, vSphere standard switch di masing-masing host harus identical atau sama konfigurasinya

vSphere Distributed Switch

Pengertian dari vSphere Distributed Switch sebenarnya sama saja dengan vSphere standard switch, yaitu menghubungkan vSphere host dengan VM. Perbedaan pada vSphere distributed switch hanyalah pada manajemennya saja, jika pada vSphere standard switch admin harus melakukan konfigurasi di masing-masing host, dengan vSphere distributed switch admin hanya perlu melakukan 1x konfigurasi di sisi vCenter saja, sehingga manajemen network ter-sentralisasi di vCenter.

Misalnya admin melakukan perubahan konfigurasi vSphere distributed switch di sisi vCenter, seperti membuat port group baru atau perubahan lainnya dibawah vSphere distributed switch, maka admin tidak perlu lagi melakukan konfigurasi di sisi vSphere host yang sudah tergabung ke dalam vSphere distributed switch. Hal ini mungkin tidak banyak memberikan benefit jika host yang ditangani admin hanya 3-5 host saja, bodoh-bodohan bisa saja admin melakukan 3-5 kali konfigurasi vSphere standard switch di masing-masing host, tapi bagaimana jika host yang ditangani mencapai puluhan bahkan ratusan? Pastinya admin membutuhkan waktu lama dan mungkin baru setengah jumlah host admin sudah menyerah.

Bagi yang penasaran dengan pembahasan lengkap mengenai vSphere Networking ini bisa menunggu buku vSphere 2019 terbit, baik dalam bentuk cetak maupun e-book.

Ataupun bagi teman-teman yang ingin belajar VMware didampingi oleh pengajar yang handal bisa langsung daftar training Excellent : Training Virtualisasi Fundamental & Medium (High Availability), 16-19 Februari 2019

Referensi Tulisan :
About vSphere Networking
Video : VMware vSphere: Networking – Distributed Virtual Switch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *