vSphere Mobile Client

Pekan kemarin, saya diberikan informasi mengenai VMware vSphere dari pak boss Vavai. Saya diberikan link berikut https://www.vladan.fr/vsphere-mobile-client-free-tool-download/. Link tersebut adalah postingan seorang blogger. Sama seperti cerita-cerita ataupun tutorial yang saya tulis di blog ini. Blog ini https://www.vladan.fr/ adalah salah satu blog yang cukup sering saya baca tulisannya, selain https://www.virtuallyghetto.com/. Saya sering membaca 2 blog tersebut karena memang tulisan yang ditulis sesuai dengan sesuatu yang saya pelajari, yaitu VMware vSphere.

Pada tulisan https://www.vladan.fr/vsphere-mobile-client-free-tool-download/ membahas tentang tool vSphere Client yang masih dalam tahap pengembangan. Bukan vSphere Client di Windows desktop, tapi vSphere Client yang dibahas kali ini adalah vSphere Client versi mobile alias vSphere Mobile Client. Aplikasi ini belum bisa dinikmati secara bebas di Playstore. Tapi tenang, bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan ini bisa berpartisipasi ke Google Group testing program vSphere Mobile Client, jadi teman-teman bisa menggunakan vSphere Mobile Client, maupun berdiskusi untuk menyempurnakan aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan ini.

Untuk join ke Google Group tersebut, teman-teman bisa klik join pada menu instructions di https://labs.vmware.com/flings/vsphere-mobile-client#instructions. Klik Join this Group

Setelah join ke Google Group tersebut, teman-teman bisa instal vSphere Mobile Client dari Playstore dengan akun google yang sudah join ke Google Group

Setelah instalasi vSphere Mobile Client selesai, teman-teman bisa menggunakannya untuk monitoring vCenter ataupun ESXi.

Feature vSphere Mobile Client

Seperti yang saya bicarakan diawal, bahwa aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, jadi untuk fiturnya sendiri masih terbatas hanya bisa digunakan untuk sekedar monitoring dan power on/off VM. Berikut fitur-fitur di aplikasi vSphere Mobile Client.

  1. VM Overview : Menampilkan status VM, dari mulai penggunaan virtual CPU, RAM, hingga HDD
  2. VM Management : Kemampuan untuk power on, power off, dan restart VM
  3. Task Monitoring : Menampilkan task yang sedang berjalan

Aplikasi ini sebenarnya sangat bagus, hanya saja masih butuh banyak pengembangan supaya bisa fungsinya bisa full seperti vSphere Client di Windows ataupun Web Client. Maka dari itu bagi teman-teman yang sudah gabung ke Google Group tersebut bisa membantu untuk melakukan pengembangan aplikasi ini. Karena menurut saya aplikasi ini cukup bagus, jadi admin VMware tidak perlu lagi buka komputer hanya untuk monitoring VM-nya, cukup dari mobile phone saja.

Referensi Tulisan : https://www.vladan.fr/vsphere-mobile-client-free-tool-download/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *