VMware vSphere 6.7 : Ethernet Adapter Tambahan dengan TP-Link USB Gigabit Ethernet 3.0

Salah satu rekomendasi saat menggunakan VMware vSphere (ESXi) adalah memiliki lebih dari 1 adapter ethernet. Sebenarnya tidak masalah jika 1 vSphere host hanya memiliki 1 adapter ethernet, tapi tidak rekomendasi jika penggunaan vSphere host untuk operasional perusahaan (production).

Ibarat datacenter, bayangkan jika 1 vSphere host yang memiliki banyak VM dengan load network masing-masing dibebankan ke 1 network adapter yang sama, bisa dibayangkan betapa mengantrinya load jaringan yang ada di 1 network adapter tersebut, yang bisa berimbas kepada kecepatan semua VM yang ada di vSphere host tersebut. Tapi kemungkinan masalah tersebut bisa di eliminasi dengan memisahkan traffic-traffic network yang ada, sehingga setiap network adapter memiliki tugasnya masing-masing dan tidak dibebani di 1 network adapter yang sama. Misalnya, 1 adapter menangani komunikasi antar lokal, 1 adapter menangani komunikasi dengan jaringan internet, 1 adapter menangani traffic untuk Live Migration. Dengan cara tersebut performa jaringan bisa lebih maksimal sesuai dengan peruntukkannya.

Tapi terkadang agak berat untuk membeli NIC gigabit card baru, karena harganya yang mahal….bagi saya mahal :D. Kenapa gigabit? Karena memang VMware vSphere hanya bisa menggunakan nic card dengan kecepatan minimal 1 GBpS. Ya lisensinya sudah mahal dan ditambah dengan kebutuhan minimum server yang juga mahal 😀 Dengan jaminan VM production perusahaan tidak terganggu.

Untuk NIC gigabit sendiri ada yang memilki 1 port, 2 port bahkan 4 port ethernet. Jadi hanya dengan membeli 1 NIC gigabit bisa mendapat beberapa port ethernet. Tapi ya seperti yang saya bilang tadi, harganya cukup mahal. Bisa mencapai 300 ribu untuk NIC dengan 1 port, 600 ribu untuk NIC dengan 2 port dan 1,5 juta untuk NIC dengan 4 port. Ya memang cukup mahal untuk mendapatkan NIC adapter dengan kecepatan 1 GBpS.

Apakah tidak ada opsi lain? Ada. Opsi lain adalah menggunakan USB ethernet adapter (1 port) yang banyak beredar di onlineshop dengan harga paling mahal 200 ribu. Yaa masih lebih baik kan daripada 300 ribu 😀 Saya sendiri menggunakan TP-Link USB 3.0 to Gigabit Ethernet Network Adapter. Masukkan kata kunci tersebut di google, maka akan muncul link-link onlineshop yang menjual USB ethernet adapter tersebut.

BTW teman-teman, untuk point nomor 3 Plug & Play itu memang benar, jika digunakan untuk sistem operasi Windows dan MacOS, tapi pengecualian untuk VMware vSphere (ESXi) 😀 Jika digunakan di VMware vSphere tidak plug & play ya, harus diinstal driver tambahan dulu 😀 Berikut langkah-langkah untuk membuat TP-Link USB ethernet adapter ini bekerja.

  • Pastikan bahwa ESXi sudah running dan bisa diakses via web browser
  • Colokkan USB ethernet adapter ke usb port vSphere host
  • Jika sekarang kita akses web, USB ethernet adapter yang baru belom terdeteksi karena drivernya belum di instal.

Enable SSH Service

Instalasi driver harus dilakukan dari command line, maka service SSH vSphere host harus diaktifkan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Login via web browser dengan user root
  • Pilih menu Manage | Services
  • Start service ESXi Shell dan SSH

Instalasi Driver USB Ethernet Adapter

  • Download file installer driver dengan ekstensi .vib disini, https://dl.bintray.com/gomesjj/VIBs/r8152-2.06.0-4_esxi65.vib
  • Copy file installer yang sudah di download ke vSphere host, folder /var/log/vmware/. Untuk copy komputer ke vSphere host bisa menggunakan WinSCP (Windows) atau memasukkan perintah scp r8152-2.06.0-4_esxi65.vib root@(IP vSphere host):/var/log/vmware/, (Linux/MacOS)
  • Remote vSphere host via SSH. Jika menggunakan Windows bisa menggunakan putty, atau jika menggunakan Linux dan MacOS bisa memasukkan perintah ssh root@(IP vSphere host) di terminal
  • Instal file installer driver, dengan perintah-perintah berikut
    [root@esxi5:/var/log/vmware] ls
    journal  r8152-2.06.0-4_esxi65.vib
    [root@esxi5:/var/log/vmware] esxcli software vib install -v r8152-2.06.0-4_esxi65.vib -f
    Installation Result
    Message: Operation finished successfully.
    Reboot Required: false
    VIBs Installed: Realtek_bootbank_r8152_2.06.0-4
    VIBs Removed: 
    VIBs Skipped: 
    [root@esxi5:/var/log/vmware] esxcli system module set -m=vmkusb -e=FALSE
  • Reboot vSphere host menggunakan perintah berikut
    [root@esxi5:/var/log/vmware] reboot
  • Tunggu hingga vSphere host running dan bisa diakses kembali via web browser
  • Login via web browser dengan user root
  • Sekarang jika di lihat di menu Networking | Physical NICs, sudah ada adapter yang baru

Setelah itu kita bisa menyambungkan adapter tersebut dengan switch yang ada menggunakan kabel ethernet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *