Update : MacOS Mojave

Mac adalah pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin bekerja cepat dan mudah. Tidak seperti komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Macbook memiliki performa yang lebih maksimal. Mungkin salah satu yang menjadi faktornya adalah MacOS yang ringan. Beda dengan Windows. Membuka beberapa aplikasi secara bersamaan saja sudah empot-empotan. Entah karena Windows itu sendiri atau karena laptop/PC kita yang kurang memadai 😀

Apple pun selalu melakukan update MacOS setiap jangka waktu tertentu. Mengembangkan setiap fiturnya. Mempermudah pengguna Mac. Menghemat waktu pengguna.

25 September 2018. MacOS Mojave sudah bisa di download dari Apple Store. Versi BETA nya sudah ada cukup lama. Senin kemarin saya coba untuk upgrade Macbook saya dari MacOS High Sierra ke MacOS Mojave. Alhamdulillah gaada error 😀

Cukup banyak fitur yang baru. Dari yang benar-benar membantu kita untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Sampai sekedar perubahan tampilan yang lebih elegan dan simple.

DI bawah ini merupakan beberapa fitur baru di MacOS Mojave yang cukup membantu saya

Dark Mode

Dark Mode. Mode Gelap. Sering sekali kita sebagai orang yang bekerja seharian di depan laptop merasakan mata yang tidak kuat untuk selalu menatap layar laptop. Baik dari pencahayaan layar yang terlalu terang. Maupun tema yang menggunakan warna-warna terang.

Fitur Dark Mode ini merupakan solusi yang tepat jika anda merasakan hal tersebut. MacOS versi sebelumnya belum menyediakan fitur ini. Tema yang digunakan masih cukup cerah. Cukup menyakitkan mata jika dipandang terus menerus.

Jika ingin menggunakan tema yang cerah pilih System Preferences>General. Dan pilih light.

Dynamic Desktop

Dynamic Desktop. Untuk fitur ini sebenarnya memiliki fungsi hampir sama dengan fitur Dark Mode. Fitur ini bisa membuat wallpaper desktop bisa berganti sesuai dengan pergantian siang dan malam. Berguna untuk kita yang suka bekerja di malam hari dan membutuhkan cahaya yang agak redup. Caranya cukup mudah. Pilih System Preferences>Desktop & Screen Saver.

Catatan :
Fitur Dynamic Desktop ini hanya bisa digunakan wallpaper default Mojave

Stacks

Stacks. Pengguna Mac biasanya banyak menaruh file di Desktop. Seperti screenshot dan lain-lain. Hal ini mudah karena kita tidak perlu mencari folder lagi. Klik done maka langsung tersimpan di desktop. Ini mungkin memudahkan kita pada saat pertama menyimpan folder. Tapi bagaimana jika yang tersimpan di desktop mencapai ratusan file. Dengan letak yang sembarangan. Tidak rapih. Tidak dikelompokkan. Mungkin kita akan pusing sendiri saat mencari file tertentu

Stacks merupakan solusi dari permasalahan tersebut. MacOS Mojave bisa merapihkan secara otomatis file yang berserakan di desktop. Jadi kita tidak perlu membuang waktu untuk merapihkan file yang ada di desktop secara manual. Tinggal tekan CTRL+klik pilih Use Stacks

Gallery View (Finder)

Gallery View. Terkadang kita suka kesel sendiri saat harus melihat tampilan sebuah gambar. Tapi kita harus membuka file gambar tersebut dengan aplikasi preview. Walaupun waktu yang terbuang tidak terlalu banyak. Tetep aja itu ngeselin 😀 Harus buka finder, lalu klik filenya.

Di MacOS Mojave kita bisa mengurangi sedikit waktu yang terbuang. Fitur Gallery View memberikan kita kemudahan untuk melihat tampilan dari sebuah gambar langsung dari finder.

Screenshots

Pada MacOS sebelumnya pengambilan screenshot dilakukan dengan menekan command+shift+4. Dan screenshot langsung tersimpan di desktop. Di MacOS Mojave kita bisa menekan tombol command+shift+5 untuk mengambil screenshot maupun merekam layar Mac. Dan juga menentukan lokasi penyimpanan screenshot maupun video rekaman. Hal ini tentu saja memudahkan kita jika kita ingin menyimpan screenshot di folder lain. Tanpa harus copy-paste.

Mac App Store

MacOS juga memperbarui tampilan App Store-nya. Menjadi lebih simpel. Tapi lebih bagus dari desain yang sebelumnya. Ada kategorinya. Lebih mudah untuk mencari aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Fitur yang saya sebutkan diatas belum mencakup semua fitur baru yang ada di MacOS Mojave. Saya hanya memperlihatkan fitur yang sudah pernah saya gunakan dan cukup berguna untuk pekerjaan saya sehari-hari

Referensi Tulisan : https://www.apple.com/lae/macos/mojave/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *