Pengalaman 6 Hari 5 Malam di Pekanbaru

Pekan ini tidak seperti biasanya. Saya tidak bekerja di bekasi mulai dari hari Senin sampai dengan hari Jum’at, karena saya harus menjadi asisten pak boss Vavai untuk mengajar training VMware vSphere di Pekanbaru, Riau.

Saya tidak akan menceritakan secara rinci bagaimana pengalaman saya selama 6 hari di Pekanbaru. Terhitung sejak hari Minggu sampai dengan hari Jum’at. Ada hal menarik yang terjadi, yang bisa dibilang melatih mental saya sebagai salah satu team Excellent yang masih junior dengan sedikit sekali pengalaman. Pengalaman 1 tahun bekerja di Excellent, yang bisa dibilang sangat sedikit jika dibandingkan dengan team-team Excellent yang lain.

Kami (Saya dan Boss) berangkat menggunakan maskapai Garuda Indonesia, yang bisa dibilang cukup mahal 😀 . Tapi karena Excellent, alhamdulillah terbang menggunakan maskapai Garuda yang saya bilang “Mahal banget” 😀 , akhirnya bisa dilakukan walaupun bukan pakai uang saya pribadi.

Jadwal keberangkatan pesawat adalah pukul 14.00. Maksimal kami harus sudah sampai di bandara pukul 12.00, karena harus mengurus check-in dan lain-lain. Rencana awal adalah menggunakan bis, dari bekasi ke bandara Soekarno-Hatta, tapi setelah mendapat saran dari team Excellent yang lain “Kenapa tidak naik Railink saja?”. Bagi temen-teman yang belum tahu apa itu Railink, Railink adalah kereta khusus yang menuju ke bandara. Kereta Railink ini bisa dibilang cukup mahal harganya, sekitar 50.000 (Promo)-100.000 rupiah, yang tentu saja harga tersebut sebanding dengan kualitasnya. Untuk informasi detail mengenai pemesanannya, temen-temen bisa langsung merujuk ke sini https://reservation.railink.co.id/. Sayangnya jadwal keberangkatan kereta bandara ini sangat terbatas, hanya ada 4 jadwal keberangkatan dalam 1 hari, range waktunya dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00.

Singkat cerita, hari Senin. Pelaksanaan training hari pertama. Training hari pertama lancar tidak ada kendala, peserta juga memahami materi yang disampaikan oleh boss. Hari kedua pun juga sama, relatif lancar dan hampir tidak ada kendala.

Sore hari setelah training hari kedua selesai, tiba-tiba pak boss kembali ke Bekasi terlebih dahulu sebelum training selesai. Kepulangan pak boss sebelum training selesai tidak direncanakan sebelumnya, tapi karena ada hal urgent yang mengharuskan pak boss kembali ke Bekasi secepatnya, maka keputusan yang diambil adalah training tetap berjalan, tetapi dengan saya sebagai pengajarnya.

Jujur, hal ini merupakan hal yang tidak mudah bagi saya, karena saya sendiri belum pernah menjadi pengajar training VMware vSphere ini. Walaupun saya pribadi menguasai fundamental VMware vSphere, tapi untuk menjadi pengajar membutuhkan lebih dari sekedar skill teknis yang saya punya saat ini. Saya khawatir bahwa peserta tidak bisa memahami teori yang saya sampaikan.

Rasa takut itu sempat membuat saya khawatir, rasa takut bahwa saya tidak bisa menyampaikan materi training sebaik pak boss. Tapi mau tidak mau rasa takut tersebut harus saya lawan, saya harus bisa dan berani melakukan hal yang pak boss minta, yaitu menggantikan posisinya sebagai pengajar. Selain tidak ada opsi lain, ya hitung-hitung untuk melatih mental saya.

Walaupun cara saya mengajar maupun menyampaikan materi belum sebaik pak boss, tapi setidaknya para peserta sedikit banyak bisa memahami apa yang saya maksud. Dan alhamdulillah 2 hari terakhir training berjalan lancar, dengan saya sebagai pengajarnya.

Dari sisi peserta sendiri menyampaikan bahwa materi yang disampaikan cukup jelas dan detail, baik materi yang disampaikan pak boss ataupun saya. Saya tidak tahu apakah mereka bilang seperti itu hanya untuk enak-enakin hati saya saja atau memang kenyataan 😀 .

Esok, saya akan pulang lagi ke Bekasi, menggunakan maskapai yang sama. Keberangkatan pesawat yang akan saya naiki adalah pukul 16.30. Besok rencananya, sebelum menuju bandara, saya akan menyempatkan solat Jum’at di Masjid Agung An Nur Pekanbaru. Ini si hanya rencana saya, semoga besok saya tidak malas 😀 dan bisa melaksanakan solat Jum’at di masjid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *