Mounting Data Synology Drive Tanpa Drive Client di Macos

Salah satu aplikasi yang digunakan oleh team internal Excellent adalah Synology Drive. Fungsi synology drive sendiri sebenarnya sama dengan Dropbox, Google Drive dan sejenisnya, yaitu untuk penyimpanan yang bisa diakses darimana saja serta file sharing dengan beberapa orang sekaligus. Hanya saja data file sharing synology drive disimpan di server sendiri, dalam hal ini server Synology. Berbeda dengan Dropbox ataupun Google Drive yang datanya disimpan di server provider, sehingga bisa dibilang data-data yang bersifat penting tidak terjaga kerahasiaannya.

Saya pribadi biasanya melakukan sinkronisasi file sharing yang ada di synology drive menggunakan synology drive client dari Macbook saya, namun beberapa kali saya mengalami kendala saat melakukan proses sync, mulai dari proses sync yang tidak berjalan sehingga aplikasi drive client harus saya tutup dan buka kembali sampai dengan bersarnya file sharing yang di sync sehingga memenuhi HDD macbook saya 😀 (Drive client akan melakukan sync file sharing ke folder lokal komputer).

Apalagi setelah saya melakukan upgrade macos Bigsur, drive client di macbook tidak bisa berjalan, walaupun berdasarkan informasi rekan-rekan saya yang melakukan upgrade macos Bigsur, drive client tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya…..ya tapi tetap saja saya jadi jengkel 😀 . Karena hal tersebut akhirnya saya mendapatkan cara untuk mounting file sharing di Macbook tanpa drive client. Bisa dibilang caranya lebih agak ribet 😀 . Namun sebelum ribetnya di sisi mana, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan sync di Macos tanpa drive client.

  • Buka Finder
  • Pilih menu Go yang muncul di bagian pojok kiri atas
  • Klik Connect to Server

  • Masukkan hostname ataupun IP address server synology drive yang biasa digunakan di drive client, namun tambahkan “afp://”di depannya, lalu klik Connect.
  • Masukkan username & password yang biasa digunakan di drive client, lalu klik Connect.
  • Pilih volume yang akan di mounting ke Macos, lalu klik OK
  • Setelah itu, file sharing bisa diakses tanpa drive client

Namun metode ini memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan sebagai berikut :

Kelebihan

  • Tidak menghabiskan space HDD macos, karena hanya di mounting saja
  • Tidak bergantung kepada aplikasi drive client, cukup dengan finder sudah bisa terkoneksi dengan file sharing

Kekurangan

  • Harus memasukan IP address atau hostname, username & password synology drive setiap kali Macos baru dinyalakan atau restart
  • Jika koneksi yang digunakan tidak stabil, maka proses read ataupun write akan sedikit delay atau bisa dibilang ngehang 😀 . Misalnya saat melakukan editing file word, saat di scroll ke halaman selanjutnya tampilan akan blank (Padahal ada isinya) beberapa saat jika koneksi yang digunakan tidak stabil. Saya pribadi biasanya tidak melakukan proses write data langsung synology drive, tetapi saya salin terlebih dahulu ke HDD lokal baru saya edit disitu. Setelah selesai, baru data yang sudah saya edit disalin kembali ke synology drive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *