MacOS Terbaru 2019 (Catalina)

Bulan Oktober tahun ini Apple kembali release MacOS terbarunya. Jika tahun kemarin, OS Mojave release di bulan September, kali ini MacOS terbaru di release di bulan Oktober. Tepatnya tanggal 7 Oktober 2019.

MacOS Catalina (10.15). Catalina. Itulah sebutan MacOS yang terbaru MacOS versi 10.15 yang release di bukan Oktober ini. MacOS terbaru ini juga sudah tersedia di App Store. Tinggal search “Catalina”, klik Get pada MacOS Catalina.

Terdapat beberapa fitur baru pada MacOS Catalina ini, Diantaranya adalah :

Apple TV

Apple TV adalah salah satu aplikasi yang otomatis terinstal di MacOS Catalina. Sebagai usaha Apple untuk memperkenalkan platform serial TV terbaru dibuat oleh Apple. Apple TV baru dibuat di tahun 2019 dan diperkirakan akan menjadi pesaing terberat Netflix yang juga merupakan platform serial TV yang sudah lebih lama ada. Walaupun sudah bisa digunakan, tetapi aplikasi Apple TV ini rencananya akan diresmikan pada tanggal 1 November 2019.

Screen Time

Fitur Screen Time, merupakan kemampuan untuk monitor penggunaan MacOS, berapa lama layar komputer menyala, memberikan jadwal untuk otomatis shutdown/sleep, memberikan jangka waktu berapa lama komputer boleh menyala dan kemampuan lainnya.

Ini merupakan fitur yang cukup membantu temen-temen dalam hal mengontrol diri. Terkadang temen-temen pasti suka lupa waktu kalau sudah di depan komputer. Asik sendiri. Entah karna pekerjaan atau hal lain. Nah, Screen Time bisa jadi salah satu solusi, misalnya kita set jangka waktu berapa lama komputer boleh menyala selama 2 jam saja, jadi kita bisa maksimal bekerja 2 jam saja πŸ˜€ . Fitur ini juga bagus untuk membatasi anak bermain komputer, sebagai parental control.

Selain, 2 fitur yang saya sebutkan diatas, masih banyak fitur-fitur baru yang ada di MacOS Catalina. Saya pribadi belum upgrade ke MacOS Catalina dan mencoba fiturnya πŸ˜€ . Ini hanya informasi saja πŸ˜€ .

Saya masih belum tau akan upgrade atau tidak ke MacOS Catalina, karena menurut saya MacOS Mojave yang saat ini saya gunakan masih cukup ok untuk saya gunakan sehari hari, tentu saja dengan fitur-fitur yang ada.

Jika keputusannya adalah upgrade Macbook Air yang saya gunakan menjadi MacOS Catalina, kemungkinan besar akan saya lakukan di akhir pekan ini. Dan mungkin akan ada tulisan saya yang membahas lebih lanjut mengenai MacOS Catalina di pekan depan πŸ˜€ .

Referensi Tulisan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *