Kuota Internet Untuk Belajar

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia memaksa semua masyarakat untuk berada dirumah saja, sebagai tindakan untuk mengurangi penularan virus.

Bahkan kegiatan belajar mengajar pun dilakukan via online atau jarak jauh, baik bagi pelajar di sekolah maupun mahasiswa perkuliahan seperti saya ini. Walaupun kegiatan belajar jarak jauh ini saya rasakan kurang efektif, ya tetapi mau bagaimana lagi memang keadaan saat ini mengharuskan kita untuk tetap dirumah, kalo ga perlu-perlu amat mah jangan keluar dah šŸ˜€ .

Selain kurang efektif, banyak juga yang mengeluhkan masalah internet yang dibutuhkan untuk belajar jarak jauh ini, mengingat belajar jarak jauh ini dilakukan via aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meet dan sejenisnya. Mau tidak mau orang yang mengikuti kegiatan belajar jarak jauh ini harus memiliki kuota internet yang lebih banyak (Karena penggunaan kuota internet untuk video conference tentu saja lebih besar, jika dibandingkan penggunaan kuota internet untuk chat seperti WA dan sejenisnya), sedangkan orang-orang seperti saya yang hanya membeli kuota 2 GB setiap bulannya šŸ˜€ , pasti akan merasa tidak rela jika mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan kuota lebih (Ya walaupun biaya yang dikeluarkan itu untuk belajar sekalipun ya šŸ˜€ ).

Diluar pengeluaran untuk membeli kuota sebesar 2 GB tersebut, memang si saya sudah menyewa layanan Indihome dirumah saya jadi seharusnya tidak ada masalah bagi saya terkait dengan kebutuhan kuota tersebut hehe, tetapi tentu saja masih banyak pelajar ataupun mahasiswa yang merasakan hal tersebut (Butuh biaya tambahan untuk belajar jarak jauh).

Untungnya ada bantuan kuota internet untuk belajar jarak jauh dari Kemdikbud, jadi tidak perlu memikirkan lagi kuota tambahan, cukup fokus belajar saja….seperti saya šŸ˜€ šŸ˜› . Walaupun kuota internet untuk saya baru masuk per kemarin siang ya, tetapi tidak apa-apa karena memang saya baru mulai kegiatan perkuliahan kembali di pekan ini. Lumayan dapat 45 GB…untuk video conference dan 5 GB untuk hiburan (Youtube, main game dan yang lainnya šŸ˜€ ).

Ya semoga saja kuota yang diberikan bisa saya gunakan dengan baik untuk belajar ya. Dan semoga saja Pandemi Covid-19 ini bisa cepat berakhir, supaya belajar bisa dilakukan secara langsung supaya tidak ada dosen yang hanya memberi tugas saja tetapi tidak memberikan arahan yang jelas (Ini maksudnya menyindir beberapa dosen di kampus saya, berdasarkan pengalaman selama saya melakukan perkuliahan jarak jauh šŸ˜€ )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *