Kesiram Air

Sekitar 2 pekan yang lalu, saya mengalami musibah. Macbook saya tersiram air….karena kecerobohan saya sendiri πŸ˜€ . Musibah ini membuat “Dompet” saya sangat marah πŸ˜€ , karena harus mengeluarkan biaya yang cukup besar (Besar menurut saya πŸ˜€ )

Kejadian rusaknya Macbook saya ini diawali pada pagi hari yang cerah, hari itu saya memang sudah merasa………..biasa saja πŸ˜€ .

Hari itu berjalan sebagaimana mestinya, hari dimana saya bekerja di depan laptop saya selama 7 setengah jam. Seperti biasa, saat saya bekerja pasti selalu sedia air minum (Biasanya di gelas atau cangkir, bukan tumbler yang dilengkapi dengan tutup diatasnya, jadi sangat mungkin airnya tumpah), dan berada di belakang Macbook saya. Karena posisi air pada saat itu ada di belakang Macbook saya, maka pada saat saya ingin minum tentu saja saya akan mengambil gelas atau cangkir itu melewati Macbook. Saya yakin air tidak akan tumpah menyiram Macbook saya, karena hal tersebut memang sudah saya lakukan ratusan kali dan selalu berhasil πŸ˜€ . Tapi sayangnya, pada hari tersebut saya tidak sejago itu πŸ˜€ , tangan saya seperti diambil alih, dia melawan, dia bilang “Tumpahin!”(ini cerita versi berlebihan :D)…….dan akhirnya beneran tumpah tuh air ke macbook saya πŸ˜€ .

Langkah pertama yang saya lakukan pada saat itu tentu saja mengeringkan air yang sudah terguyur ke Macbook menggunakan tissue, lalu mematikan Macbook. Lalu saya lanjut lagi keringkan menggunakan tissue, sampai benar-benar kering.

Setelah kering saya tidak langsung nyalakan, melainkan saya diamkan dulu selama kurang lebih 1 jam. Kesalahan saya disini yang mungkin membuat Macbook saya rusak adalah saya tidak menjemur Macbook dibawah sinar matahari yang mungkin saja bisa membantu menguapkan air-air yang sudah masuk ke dalam. Yang saya lakukan setelah mengeringkan dengan tissue hanya mendiamkannya di dalam ruangan.

Setelah satu jam saya nyalakan lagi, ternyata Macbook menyala dengan normal (Saat itu πŸ˜€ ), tidak ada kendala apa-apa. Saat itu saya cukup tenang karena terlihat tidak ada kerusakan.

Lalu keesokan harinya, pada saat saya sedang mengetik di depan Macbook tiba-tiba layar Macbook berwarna hitam, alias mati πŸ˜€ . Pada saat saya coba saya nyalakan lagi, tentu saja…..tidak bisa πŸ˜€ Dugaan saya pada saat itu, mungkin karena baterainya habis jadi perlu saya full charged dulu. Akhirnya setelah saya charge sampai full, saya coba nyalakan lagi, dan akhirnya……..masih gabisa guyss πŸ˜€ . Seketika saya pun teringat bahwa pembelian Macbook ini dibeli dengan cara kredit…..selama 8 bulan lamanya πŸ˜€ .

Akhirnya saya memutuskan untuk membawa Macbook ke salah satu service center khusus Apple dengan harapan Macbook masih bisa diperbaiki. Walaupun pada saat saya menyerahkan Macbook dan bilang bahwa ini mati karena kesiram air, teknisinya langsung bilang “Semoga ada keajaiban ya mas”. Teknisinya saja sudah tidak yakin Macbook saya bisa diperbaiki πŸ˜€

Setelah beberapa hari menunggu, teknisi memberi kabar bahwa Macbook masih bisa diperbaiki. Hanya saja ada part yang perlu diganti, dengan biaya…………1,5 juta guyss πŸ˜€ . Mau tidak mau saya pun oke kan biaya perbaikan tersebut. Walaupun saya harus mengeluarkan biaya yang lumayan, tapi saya bersyukur masih bisa diperbaiki, daripada tidak bisa diperbaiki dan harus membeli Macbook baru dengan harga yang jauh lebih mahal πŸ˜€ . Alhamdulillah, saat ini Macbook saya sudah sehat kembali dan sudah bisa menemani saya 7 setengah jam sehari.

Jadi pembelajarannya adalah jangan letakkan gelas atau cangkir di dekat laptop supaya terhindar dari kejadian yang saya alami ini πŸ˜€ .

Sekarang saya sudah tidak mau lagi meletakkan gelas atau cangkir lagi di dekat laptop saya, tapi saya letakkan di dekat laptop teman saya : D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *