NAKIVO Backup & Replication v8.5 Beta

Pekan ini, saya mendapat forward email dari pak boss yang isinya tentang NAKIVO versi terbaru. NAKIVO Backup & Replication v8.5 Beta. Selain mendapat informasi itu, saya juga diminta untuk melakukan uji coba menggunakan NAKIVO v8.5 beta.

Btw bagi yang belum tahu NAKIVO itu apa. NAKIVO adalah aplikasi VM backup yang bisa di integrasikan dengan VMware dan Hyper-V. Sebelumnya saya juga sudah pernah menulis tutorial Instal NAKIVO di Ubuntu.

Sebenarnya sejak pertama saya bekerja di Excellent, saya tidak terbayang akan mempelajari NAKIVO ini karena memang saya difokuskan untuk mempelajari VMware. Saat mempelajarai VMware pun saya benar-benar tidak tahu apa itu NAKIVO, yang saya tahu backup VM di VMware menggunakan aplikasi vSphere Data Protection (VDP). Tapi aplikasi VDP ini sejak VMware versi 6 keatas sudah tidak dikembangkan lagi, VMware lebih mempercayakan backup VM-nya kepada aplikasi pihak ketiga. Selain NAKIVO masih ada beberapa aplikasi lainnya, dari mulai Veeam Backup, Altaro, Veritas dan lain-lain.

Hal itulah yang “memaksa” saya mempelajari NAKIVO karena memang kebutuhan untuk seorang admin virtualisasi server adalah memahami bagaimana mekanisme backup VM-VM yang ditanganinya, dan saya memilih aplikasi NAKIVO untuk memenuhi kebutuhan itu.

Tapi saya bersyukur bisa mempelajari NAKIVO ini, awalnya mungkin paksaan tapi setelah berjalannya waktu ternyata ilmu yang saya pelajari ini sangat membantu saya. Salah satu contohnya adalah pada saat kemarin saya diminta untuk menjelaskan mengenai produk NAKIVO ini di depan klien, walaupun kemampuan saya untuk presentasi masih sangat kurang tapi berkat penguasaaan materi yang cukup, akhirnya saya pun bisa menjelaskan dengan cukup baik.

NAKIVO ini salah satu pilihan dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan aplikasi VM yang lain, NAKIVO pricing. Dari segi performa cukup powerful dan juga mudah untuk digunakan.

Ya daripada saya muter-muter lebih jauh membahas latar belakang saya dengan NAKIVO, lebih baik saya langsung saja memberitahu fitur baru apa saja yang ada di versi 8.5 ini.

Nutanix AHV Support

Pada versi sebelumnya yaitu versi 8.1, NAKIVO hanya bisa digunakan untuk melakukan backup VM yang ada di VMware, Hyper-V, dan juga AWS EC2. Tapi bagi kalian yang pengguna Nutanix sekarang ga perlu khawatir lagi, karena di versi 8.5 NAKIVO bisa digunakan untuk backup VM Nutanix AHV. Iya virtualisasi milik HP itu lho, yang saya sendiri belum pernah menggunakan 😀 Jadi fitur ini belum saya coba apakah performanya sama bagusnya dengan backup VMware.

VM Replication from Backup

Untuk fitur baru yang ini saya sudah coba, yaitu replicate VM dari backup yang ada. Di versi 8.5, NAKIVO memiliki kemampuan baru untuk membuat replikasi VM menggunakan backup dari VM yang bersangkutan. Secara prinsip replikasi VM dari backup ini lebih cepat jika dibandingkan replikasi yang bersumber dari VM langsung yang sedang berjalan. Kenapa lebih cepat? karena replikasi VM diambil dari backup yang sudah ada, maka tidak ada proses copy ataupun synchronize.

Product Auto Update

Di versi 8.5, NAKIVO punya fitur baru yang memudahkan admin. Admin gaperlu lagi cek apakah ada update dari NAKIVO, karena sekarang NAKIVO udah punya fitur auto update yang bisa di konfigurasi sedemikian rupa, bisa otomatis instal saat ada update baru ataupun dijadwalkan kapan update dilakukan.

FreeNAS Support

Di versi 8.5 ini, NAKIVO juga sudah bisa diinstal diatas server FreeNAS menggunakan plugin yang ada di FreeNAS. Kebetulan untuk FreeNAS ini saya juga belum coba.

NAKIVO versi 8.5 ini masih BETA, jadi masih belum stable dan kemungkinan masih ada beberapa bug. Tapi patut dicoba fitur-fitur baru yang saya sebutkan diatas 🙂

Referensi tulisan : v8.5 Release Notes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *